Minggu, 08 November 2015


Jikalau kita ingin berwirausaha khususnya dibidang makanan cepat saji, ada beberapa hal yang harus kita ketahui, contohnya kaya gini nih :

TARGET PENJUALAN

Target penjualan sangat perlu kita ketahui. Kita harus mempunyai target penjualan produk yang kita jual, kepada siapa produk kita akan kita jual ? anda harus survei dan menganalisis tempat yang bisa dibilang ramai dan strategis. Bagi anda yang ingin menyewa atau membeli tempat untuk usaha anda, carilah tempat yang ramai tapi tak terlalu ramai oleh para pengguna jalan, itu menurut saya, agar ketika ada pembeli datang maka mereka akan merasa nyaman ditempat kita, tidak diganggu bisingnya para pengendara.

 STRATEGI BISNIS

Setelah kita mengetahui target penjualan kita tertuju kepada siapa, maka kita membuat strategi penjualan. Bagaimana caranya agar produk yang kita jual dapat diterima dipasar target yang kita tuju. Bagaimana cara agar produk yang kita jual dapat bertahan di target yang kita tuju dan berkembang, serta mengatasi adanya persaingan dagang lain dan mungkin dampaknya bisa mematikan bagi poduksi kita.
·     
       Bagaimana caranya agar produk yang kita jual dapat diterima dimasyarakat ?

1.      Kualitas rasa mempengaruhi segalanya.

2.      Berkomunikasi dengan baik bila mana kita bertemu dengan costumer dan cara birokrasi yang baik dan sehat.

3.      Promosi dengan cara memberikan tester secara gratis kepada beberapa costumer.

4.      Beri sajian atau kemasan yang berbeda dari pada yang lain. Misalnya : Spaghetti Mas Simkuy dikemas dengan keadaan masih hangat didalam lunch box karena dibuat 15 menit sebelum jam istirahat sekolah dan terdapat logo brand dengan design unik yang berada di cover depan lunch box tersebut, hal tersebut dapat menarik costumer untuk membelinya. Untuk topingnya kita memakai daun pisang, untuk alas spaghetti yang diletakkan didalam lucnbox tersebut. Saus spaghetti yang dibungkus, lalu saus sambal yang terpisah dan sendok plastik.
·      
      Bagaimana cara agar produk yang kita jual dapat bertahan di target yang kita tuju dan bisa berkembang?

1.      Harga yang terjangkau.

2.      Ide kreatif untuk menjualnya. Misalnya : Kami memproduksi dan menjual Spaghetti Mas Simkuy ini tidak setiap hari dan jumlah spaghetti yang kami produksi tidak banyak. 1 Minggu kami hanya memproduksi 40 lucnh box dengan hari yang berbeda-beda, 1 hari kita memproduksi 20 lucnbox dan para costumer tidak tahu bahwa hari apa saja Spaghetti Mas Simkuy hadir dikantin sekolah mereka. Kenapa demikian ? Agar si costumer merasa penasaran ingin membelinya hal tersebut juga membuat dampak positif bagi si costumer yaitu rajin sekolah.

3.      Mengeluarkan ide-ide yang kreatif dan menarik, contoh : Pastinya semakin lama coustemer bosan dan pastinya angka penjualan semakin menurun. Oleh karena itu harus adanya ide-ide kreatif. Contoh: Mengembangkan bisa dengan membuat design logo yang berbeda dan lebih unik. Bisa dengan menambahkan toping contohnya jamur, jagung, sayuran, sosis dengan harga yang sama.

Nah itulah dia tips dari saya, semoga membantu yaa..

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar